Usai Workshop, FTI UMI Siap Tingkatkan Peringkat Jurnal Terakreditasi Sinta

Workshop Pengelolaan Jurnal Fakultas Teknologi Industri UMI (FTI UMI) yang digelar sejak Senin 22 Juli 2019, resmi ditutup pada Selasa (23/7/2019) malam.

Workshop ini digelar di Aula Liorang Lologau FTI UMI, Jalan Urip Sumoharjo Makassar dan menghadirkan tokoh pengelola jurnal terindeks Nasional dan Internasional yakni, Prof. Dr. Istadi dari Universitas Diponegoro.

Selama dua hari, reviewer akreditasi jurnal nasional tersebut berbagi tips dan trik kepada sivistas akademika FTI UMI dalam melakukan pengelolaan jurnal secara profesional.

Materi yang diberikan, mulai dari pemahaman substansi akreditasi jurnal, standar kualitas substansi jurnal hingga pedoman review dan editing artikel di Open Source Journal.

Wakil Dekan 1 FTI UMI Ir. Setyawati Yani mewakili Dekan Dr. Zakir Sabara mengatakan, FTI UMI memberi dukungan penuh bagi pengelola jurnal dalam melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas.

“FTI UMI telah memiliki tiga jurnal yang terakreditasi Science and Technology Index (SINTA) yaitu JIEM, GEOMINE dan JCPE. Hasil dari workshop ini mengindikasikan satu jurnal sudah layak untuk melakukan reakreditasi dalam menaikkan peringkat SINTA,” kata Setyawati Yani, melalui keterangan tertulisnya kepada KABAR.NEWS.

Selain itu, FTI UMI memberi apresiasi kepada Prof Istadi yang peduli berbagi ilmu dan meluangkan kesempatan dalam meningkatkan kemajuan publikasi di FTI UMI khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Hal ini sangat selaras dengan semangat #FTIUMIKEREN: Sharing is Caring,” tandasnya.