UMI Makassar-Universitas Curtin Australia MoU Penelitian

Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menandatangani kerja sama dengan Direktur Center Sustainable Engineering Group (SEG) Universitas Curtin, Australia untuk peningkatan kualitas akademik serta penelitian.

“Penandatanganan MoU dilakukan Rektor UMI Makassar Prof Dr Masrurah Moktar dengan pihak SEG Universitas Curtin Dr Wahidul Biswas di Technology Park,” ujar Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI-UMI) Makassar Sakir Zabara melalui pesan WhatsApp dari Australia-Makassar, Senin.

Dia mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta akademik dan penelitian itu dilakukan untuk menjawab tantangan zaman yang sudah semakin maju.

Bukan cuma itu, para tenaga pengajar atau dosen dari SEG Universitas Curtin Australia akan hadir di UMI Makassar pada Oktober dan November 2016 untuk memberikan pengajaran di Fakultas Teknologi Industri UMI.

“Jadi sebulan setelah MoU ini atau bulan depan, Oktober, dua orang dosen SEG ini akan ke Makassar untuk memberikan mata kuliah di FTI UMI. Kemudian bulan depannya lagi, di bulan November kembali datang dua orang dosen lagi dan begitu seterusnya,” katanya.

Zakir menambahkan diharapkan dalam pertemuan nanti akan dilanjutkan implementasi kerja sama penelitian antardua institusi dalam bidang sustainability khususnya bidang pengelolaan sumber daya air.

“Selain mengajar langsung, juga mereka akan memberikan workshop. Kita harapnya, kerjasama pengelolaan sumber daya air juga akan diteken nantinya,” sebut dia.

Direktur SEG Universitas Curtin Dr Biswas memberikan apresiasinya atas keseriusan UMI Makassar dalam menjalin kerja sama dan keseriusan untuk secepatnya mengimplementasikan kerja sama yang diinisiasi kedua institusi tersebut.

“Sebenarnya sudah terjalin sejak tahun 2012. Tapi, hari ini ditandatangani lagi nota kesepahaman `letter of intens` untuk kerja sama kedua institusi dalam peningkatan kualitas akademik dan penelitian,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar mengucapkan terima kasih atas penerimaan dan keramahan dari pihak SEG dalam menyambut kedatangan delegasi UMI khususnya dalam menjalin kemitraan.

Dalam pertemuan tersebut Masrurah juga memperkenalkan UMI sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di luar Pulau Jawa dan telah menjalin kemitraan dengan institusi baik negeri maupun swasta di dalam maupun di luar negeri.

Adapun yang hadir dalam rombongan itu ke Australia, Wakil Rektor II Dr Iskandar, Wakil Rektor V Prof Dr Maruf Hafid, Dekan FTI Sakir Zabara, Dekan Fikom Dr Ir Dirgahayu Lantara, Ketua LP2S Prof Dr Hambali Thalib, Kepala KUI Dr Hj Setyawati Yani dan Kepala Humas Nurjannah Abna. ( Antara Sulsel )