Mahasiswa FTI UMI Makassar-FT Uncen kuliah bersama

Mahasiswa Fakultas Teknik Industri UMI Makassar dan FT Uncen Papua saat praktek dan kuliah bersama di Lapangan FTI UMI Pujanantin, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Kamis (8/3). (FOTO/Istimewa)

Mahasiswa Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia Makassar dan Fakultas Teknik (TI) Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua menggelar praktek dan kuliah lapangan bersama di Lapangan FTI UMI Pujanantin, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

“Ini salah satu bentuk kerja sama kita dalam bentuk praktek dan kuliah lapangan bersama dengan anak-anak mahasiswa FT Uncen Papua,” ujar Dekan FTI UMI Ir H Zakir Sabara HW, ST, MT, IPM, ASEAN Eng di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, kolaborasi bersama dengan mahasiswa FT Uncen, Papua adalah satu dari banyak kerja sama yang dilakukan oleh FTI UMI Makassar baik dengan kampus yang ada di Indonesia maupun dari luar negeri.

Dalam praktek dan kuliah lapangan ini, beberapa materi yang akan dipelajari yakni, orientasi medan, pengenalan alat survey dasar dan alat survei digital, pemetaan sumber daya terukur serta eksplorasi mineral dan batu bara.

Selain itu, praktek dan kuliah lapangan bersama diikuti oleh mahasiswa Teknik Pertambangan dari dua kampus berbeda dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang. Pelaksanaan berlangsung selama satu minggu dari tanggal 04-09 Maret 2018.

“Ada banyak yang dipelajari oleh adik-adik mahasiswa kita ini dan programnya berlangsung selama satu minggu dengan pengajar yang ahli dibidangnya masing-masing,” katanya.

Zakir mengaku jika praktek dan kuliah bersama ini sebagai implementasi dari kerja sama antara Teknik Pertambangan FTI-UMI dengan FT Universitas Cendrawasi.

Sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan praktek dan kuliah lapangan dengan mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Papua, Papua Barat. (Antara)