Ini Skema Biaya Pendidikan & Keunggulan Kuliah di FTI UMI Makassar

Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI Makassar menyelenggarakan 4 program studi (Prodi) sarjana strata satu, 3 Prodi Sarjana S1 yaitu Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Pertambangan dan 1 Prodi Profesi yaitu Program Profesi Insinyur (PPI) dengan gelar Insinyur (Ir) program yang ditempuh setelah menyelesaikan program sarjana S1.

Untuk dapat sukses menyelesaikan kuliah di FTI UMI Makassar, Anda perlu mengetahui skema biaya pendidikan, berupa SPP dan BPP.

Berikut skema biaya pendidikan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia.

Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan atau disingkat SPP hanya sekali dibayarkan selama menempuh pendidikan di FTI UMI. Sementara Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) dibayarkan per tahun atau per semester

Biaya SPP untuk Teknik Industri dan Teknik Kimia masing-masing sebesar Rp. 5.450.000 (lima juta empat ratus lima puluh ribu rupiah), dan untuk Teknik Pertambangan sebesar Rp. 6.450.000. (Enam juta empat ratus lima puluh ribu rupiah).

Biaya SPP ini hanya dibayarkan sekali selama menempuh proses perkuliahan

Sementara Biaya BPP untuk Teknik Industri dan Teknik Kimia masing-masing sebesar Rp. 8.500.000 (delapan juta lima ratus ribu rupiah) atau Rp. 4.250.000 (empat juta dua ratus lima puluh ribu) per semester, dan untuk Teknik Pertambangan sebesar Rp. 10.500.000. (sepuluh juta lima ratus ribu rupiah), atau Rp. 5.250.000 (lima juta dua ratus lima puluh ribu) Per Semester.

Biaya BPP ini merupakan biaya yang dibayarkan tiap tahun atau tiap semester dan dapat diangsur 3 (tiga) kali dalam setahun.

Untuk Biaya SPP/BPP Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Jalur Pengakuan Pembelajaran Lampau (RPL) yang ditempuh selama 1 semester (durasi 6 bulan), biaya hanya dibayarkan sekali saja. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah), biaya SPP/BPP Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah) dan biaya Wisuda/Ijazah sebesar Rp. 1.700.000 (satu juta tujuh ratus ribu rupiah). Biaya SPP/BPP PSPPI ini sudah termasuk biaya pendaftaran, keanggotaan selama setahun dan biaya ujian insinyur profesional pratama di Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Biaya Program Profesi Insinyur dapat diangsur sebanyak 2 (dua) kali.

Jadi, Total biaya SPP dan BPP untuk tahun 1 (pertama) perkuliahan untuk Teknik Industri dan Teknik Kimia masing-masing sebesar Rp. 13.950.000 (tiga belas juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah), dan untuk Teknik Pertambangan sebesar Rp. 16.950.000 (enam belas juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah), sedangkan total biaya paket pendidikan untuk Program Profesi Insinyur Jalur RPL sebesar Rp. 17.700.000 (tujuh belas juta tujuh ratus ribu rupiah).

Yang perlu juga diketahui adalah, Biaya BPP tersebut diatas adalah tetap atau tidak ada kenaikan selama kuliah atau sampai sarjana serta mahasiswa tidak ada lagi dikenakan pembayaran SKS Mata Kuliah serta tidak ada pembayaran biaya laboratorium/praktek yang dilakukan dikampus

Untuk adik-adik calon mahasiswa Program Sarjana (S1) di FTI UMI biaya BPP tiap tahun yang anda bayarkan sudah termasuk biaya Diklat AK3U (Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Umum) dimana InsyaAllah setelah mencapai gelar Sarjana Teknik akan dibekali dengan sertifikat kompetensi Calon AK3U dari Kementerian Tenaga Kerja RI.

Info selanjutnya kami layani melalu WhatsApp ‭+62 811 4119087‬ dan akun medsos FTI-UMI Makassar sebagai berikut:

Website :
Fakultas Teknologi Industri UMI

Program Profesi Insinyur (PPI)

Twitter & Instagram
– Fakultas: @ftiumi
– PPI : @UMInsinyur & @profesiinsinyurumi

Youtube & Google+
Fakultas Teknologi Industri UMI/Makassar

Fans Page Facebook:
Fakultas Teknologi Industri UMI & Profesi Insinyur UMI

Group Facebook:
FTI-UMI Connected

Juga tersedia 4 jurnal ilmiah sebagai media publikasi yang tersedia melalui:

E-JOURNAL FTI UMI
Fakultas Teknologi Industri UMI

Atau langsung pada:

– Jurnal Teknik Industri
(Journal of Industrial Engineering Management)
http://jurnal.teknologiindustriumi.ac.id/index.php/JIEM P-ISSN: 2503-1430 E-ISSN: 2541-3090

– Jurnal Teknik Kimia
(Journal of Chemical Process Engineering)
http://jurnal.teknologiindustriumi.ac.id/index.php/JCPE P-ISSN: 2527-4457 E-ISSN: 2303-3401

– Jurnal Teknik Pertambangan
(Journal Geomine)
http://jurnal.teknologiindustriumi.ac.id/index.php/JG P-ISSN: 2443-2083 E-ISSN: 2541-2166

– Jurnal Teknologi Industri dan Lingkungan (Journal of Industrial Environment)
http://jurnal.teknologiindustriumi.ac.id/index.php/JIE