FTI UMI Siapkan Engineers Global Melalui Akreditasi Internasional

Akreditasi Nasional oleh International Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), mewajibkan bagi program-program studi, untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi teknik.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Komite International Accreditation Board for Engineering Education (IABEE), Ir TMA Ari Samadhi, saat membawakan materi dalam Workshop Internasional Accreditation, di Gedung FTI-UMI Makassar, Sabtu (12/5/2018).

Dia mengatakan, General Acreditation merupakan program yang telah melaksanakan pendidikan berbasis outcome dan pada saat proses evaluasi telah menghasilkan lulusan dengan sistem tersebut. Lebih lanjut dia menjelaskan karakteristik perjanjian dalam Pendidikan merupakan akreditasi dari suatu program studi.

“Ada dua hal yang jadi karateristik, yakni berdasarkan kriteria yang setara secara sebstansial, untuk suatu perjanjian, dan berdasarkan prosedur setara secara substansial selama proses akreditasi,” jelasnya.

Sementara itu, Sekjen Badan Kejuruan Teknik Industri PII, Ir. Catur Hernanto menuturkan, jika ingin menciptakan Enginering yang baik, maka harus menyiapkan prodi yang juga berkualitas, yakni akreditasi A.

“Setelah kegiatan ini, diharapkan prodi teknik, peternakan, pertanian dan yang rumpun dari enginering bisa ikut akreditasi A, sehingga prodi bisa hasilkan insinyur global yang kompetitif,” ujarnya.